Perpanjangan Paspor (Permohonan Paspor) Jemput Bola KBRI London

Kali ini aku mau share tentang perpanjangan paspor atau ganti buku paspor karena masa berlaku telah habis. Sejak tahun 2018 atau 2019 (lupaa lagi), sudah diberlakukan dengan cap jempol biometrik dan daftar online dulu untuk menyerahkan persyaratan dokumen di KBRI London. Kalau dulu, kita tinggal datang ke London ke KBRI nya, lalu ambil nomer antrian, namun kali ini melalui online- buat account di web konsular KBRI, daftar diri online (jika sudah tidak perlu), klik perpanjangan paspor/ganti buku, lalu klik-appointmen kapan kita datang.

Nah, karena yg tidak berdomisili di London, KBRI mempunyai jadwal agenda jemput bola, keliling UK dan Ireland, jadwal dapat dilihat di website KBRI London atau follow Instagram or Facebook ya. Jadi, bisa dilihat dimana KBRI akan datang di kota anda atau kota terdekat.

Kali ini yg perlu perpanjangan paspor adalah anak perempuan yg expired di bulan April'20, namun Desember'19 KBRI London datang ke Edinburgh untuk melakukan pelayanan konsular. Akhirnya aku coba pakai layanan jemput bola ini.
Caranya aku masuk login di account yg sudah saya buat di https://consular.indonesianembassy.org.uk/
Karena saya sudah buat account dan tambah daftar anggota keluarga, saya cari profil anak saya.
Klik Permohonan Paspor baru (masa berlaku akan habis), submit.
Sebelumnya, jika belum lapor diri silahkan isi lapor diri online.
Mengisi formulir tidak berkewarganegaraan lain.
Formulir pendaftaran online.
Unduh dokumen2 tersebut, di print dan ditanda tangani.
Tidak perlu bawa foto.-karena sudah sistem biometrik akan difoto disana dan sidik jari online.
Klik appointment datang ke KBRI atau Jemput bola di kota apa.
Jika jemput bola, kirim dokumen2 tsb paling cepat 2 minggu sebelum hari H :
http://indonesianembassy.org.uk/consular/pelayanan-kekonsuleran-bagi-wni/layanan-paspor

  • Paspor asli dan fotocopy
  • BRP asli dan FC
  • 3 dokumen yg diunduh dari website dan ditandatangani
  • Postal order sbg pembayaran pembuatan paspor £25 ditujukan ke Indonesian Embassy.
  • Dokumen penunjang seperti Akta lahir (fotocopy)
  • Special delivery envelope (prepaid) - untuk yg paspornya mau dikirim ke rumah (jangan lupa tulis alamat rumahmu ya.
Dokumen ini dikirim ke KBRI LONDON - memakai special delivery juga - di website KBRI sih disarankan begitu. Saya kirim siang, besok pagi sudah sampai (delivery before 1pm). 
Notes: untuk amannya catat/foto no tracking or barcode no. pd masing2 envelope tsb, untuk nanti cek/tracking pada website royal mail tracking atau jg di KBRI website ada checking dokumen in and out. 

Nanti tunggu saja akan dapat email dari KBRI, untuk tgl jam dan tempat jemput bola.

Hari H, datang ke tempat jemput bola, antri foto (tetep antri yah ^_^), tp cepat sih, cuman kalau pas koneksi ga bagus harus nunggu juga hix. Foto klik, dan sidik jari kanan kiri. Done.
1 minggu kemudian paspor baru akan tiba dirumah, sebelumnya anda akan dapat email dari KBRI bahwa sudah selesai proses. Notes: Kalau pny catatan no barcode special delivery kamu bs tracking via web Royal Mail itu.

*Hanya saja untuk kali ini, biasanya perpanjangan paspor atau ganti buku karena expired, pada halaman buku baru selalu ditulis 'previous holder of passport no...'; dan ditulis (diketik) juga nama alamat dan emergency kontak dalam kolom di halaman belakang; namun yg ini tidak - sudah saya tanyakan juga katanya isi sendiri untuk alamat tersebut. 
Dan bisa unduh lapor diri online yg ada barcodenya itu lalu ditempel di passport.

No comments:

Post a Comment

Thank You!