Late Post in 2018-2019

Update post kali ini yeah kami sudah tinggal di Edinburgh selama 7tahun, kami sudah dapat ILR (Indifinite Leave to Remain) di July 2018, saya sudah lupa bagaimana prosesnya ^_^. Mencoba mengingat2, waktu itu kami apply online dan memakai standard proses (bukan yg premium)...hmm rasanya bukan online juga sih, kami mengunduh form online lalu mengisi nya (lumayan banyak yg harus diisi) - rada kawatir juga kalau salah mengisi- lalu membayar secara online (kalau tidak salah) waktu itu £2200-an per orang (sunggguh menguras isi tabungan-seketika langsung lemes karena dikalikan 4).
Setelah dokumen lengkap semua, kami kirim menggunakan pos Special Delivery dan return envelope juga untuk mengembalikan dokumen (paspor). 
Saya lupa berapa lama setelah mengirim dokumen, kami mendapat balasan dari Home Office untuk foto BRP di Post Office, kami bawa surat itu ke Post Office untuk diambil foto dan sidik jari. Dan prosesnya kami menunggu +-4bulan dan paspor kami kembali dan kami mendapat BRP dengan status Indifinite Leave to Remain, dimana kami tidak perlu perpanjang visa terus, hanya saja di BRP kami ada expired date (kemungkinan untuk perbarui foto kembali).
Syarat unk ILR (atau lebih dikenalnya Permanent Resident),

  • kita sudah tinggal (bekerja) selama 5th, lalu kita bisa apply ILR, dan 1 tahun kemudian setelah itu kita bisa apply for British citizenship - tapi kami belum mau atau tidak kepikiran untuk mengubah warga negara kami ^_^ - ya sayangnya Indonesia blm memperbolehkan dwi kenegaraan. 
  • Tentu saja ada pekerjaan - surat dari employer
  • Penting! --> selama 5 th tidak keluar UK >180 hari untuk tiap tahunnya (ini yang harus diperhatikan karena keluar >6bln (tidak terputus) ini juga bakal ditolak. Misal tahun 2012-2017 berarti 5th sudah tinggal di UK, namun di tahun 2014 ada keluar UK selama >6bln -kemungkinan besar akan ditolak unk ILR. Itu yg saya pahami. Dan ini hanya untuk main applicant, untuk dependant tidak ditanya keluar masuk UK. Kami waktu itu mendaftar bersama sama. 
  • Lulus English test dan Life in the UK test. Untuk syarat English test, cukup ambil yang conversation saja, tp harganya sih tetep sama hix atau bisa pakai ijazah yang diakui oleh UK (kalau lulusan UK ok aja, kalau bukan lulusan UK, ijazah ini harus disetarakan dulu istilahnya, nah bayarnya pun kurang lebih sama hanya saja nggak perlu belajar untuk tes ^_^). Saya ambil tes English dan Life in the UK dua2nya di Glasgow, karena tempat dan waktu yang lowong dan terdekat ya Glasgow.
  • Perlu dicatat, ada banyak pertanyaan termasuk apakah ada catatan criminal baik di UK atau diluar UK.
Namun peraturan akan terus berubah apalagi setelah Brexit. Silahkan baca di website resmi Home Office UK.

No comments:

Post a Comment

Thank You!