Easter Break and Friends

Libur Paskah sekolah di Edinburgh mulai tgl 3 April - 20 April. Lumayan lama ya seperti libur Natal dan Tahun Baru. Awalnya memang tidak merencanakan liburan bersama. Papa libur hanya Jumat-Senin pada minggu Paskahnya.
     Jumat pada hari pertama libur, kami ajak papa ke Livingston untuk berenang, susah banget kalau ajak papa ya...awalnya saya dan anak-anak aja karena Kimi udah cerewis banget minta renang. Tapi akhirnya papa mau ikut juga. Langsung cepet-cepet beberes karena bis yang ke Livingston dari daerah rumah kami hanya ada 2 jam sekali (Senin-Jumat, bus no 24), ini macam bus kecil untuk area tertentu, Kenapa Livingston...karena mau coba kolam renang Xcite disana, mau coba flume (slide). Kapan lalu sudah pernah kesana sih tp flume nya ditutup, karena waktu itu West Lothian area bukan libur sekolah jadi untuk weekday hanya dibuka pukul 4 sore. Untuk memastikan flume nya dibuka nggak, saya email ke CS nya dan yup selama libur sekolah (West Lothian school holiday).
     Sekedar berbagi info, Xcite ini tempat olah raga fitness, football, renang, sauna, atau kalau kelas aerobic, dan ada juga softplay untuk anak-anak. Dan menyediakan tempat untuk ulang tahun anak-anak, misal party renang, atau football atau softplay saja. Khusus yg di cabang Livingston, mereka punya kolam renang yg ada flume nya. Kolamnya nggak besar sih, wah kalau dibanding Ocean Park yg di BSD, Tangerang kalah banget hahaha...tp ya ok lah karena jarang banget ada disini ^_^. Biasanya kami berenang di kolam renang di High School yg dekat dg rumah. Oh ya kolam renang di sini indoor semua ya, dan nggak ada permainan macam waterpark begitu, kecuali di England. Tiket dewasa 4.5 pound (renang), dan anak >5th : 4 pound, under 5 free (kalau resident West Lothian area).
   Lanjut...sampai di tempat renang, ternyata sudah antri..Karena kolam renang penuh, jadi pengunjung dibatasi jumlah orang dan jam berenang. Hanya bisa 1 jam saja. Tidak mau mengecewakan anak-anak la sudah datang kok gak jadi, ya gak apa-apa deh. ..Karena itu libur sekolah anak-anak free, dan kami hanya bayar berdua 9 pound. Flume dibuka juga ada waktunya, bergantian dengan kolam wave, ada semacam ombak buatan begitu tapi luasnya kecil -_-. Jadi hanya putar putar aja kayak gasing hihi.
     Habis berenang kami makan siang dan jalan-jalan di shopping mall Livingston Designer Outlet. Nah, buat yang seneng belanja (sy sih seneng tp sayang ga bisa beli haha), ini tempatnya shopping dari berbagai macam shop Next, Ted Baker, Radley, Adidas, Nike, ProCook, M&S, Debenhams, H&M, dsb. Pokoknya lengkap disini. Dan juga bar, cafe dan restaurants, termasuk Krispy Kremes, Starbuck, Wetherspoon, Flame, McD, ada jg food court, Pizza Hut,dsb. Dan kayaknya ada tempat penitipan anak juga disitu, tapi sy belum pernah coba sih.
     Pada hari Paskah nya kami sama-sama pergi ke gereja, dan kemudian ada undangan makan di rumah teman dengan menu `Mie Ayam Komplit` ^_^. Cuaca di Edinburgh dan sekitarnya sangat mendukung liburan kali ini. Cuacanya hangat, ada matahari shg saya pun cepat-cepat mengeluarkan semua cucian ^_^ biar bisa dijemur diluar. Dan kami merencanakan pergi berenang dan piknik bersama beberapa teman-teman Indonesia di Edinburgh.
Together
      Pagi kami berenang di Royal Commonwealth Pool, ini kolam renang milik council, termasuk Edinburgh leisure untuk sports, holiday activities, softplay dan party.  Untuk tiket berenang saja, 6 pound/orang, under 5 is free,  Kalau liburan, anak-anak sekolah gratis berenang. Di Royal Commonwealth, ada tempat sendiri untuk family swimming, hanya yg memakai tanda gelang saja yg bisa masuk kesini. Kolam renang nya termasuk besar. Ada beberapa kolam gitu, ada yg untuk float, ada yg untuk diving.
     Dari berenang, kami makan siang sembari piknik di Arthur`s Seat. Menyenangkan sih, cuacanya bagus, matahari menyengat sehingga yang suhu udaranya masih kira-kira 20 sih terasa hangat. Apalagi menu makanan yg lengkap : nasi goreng, bakmi goreng, ayam goreng, bakwan jagung, salad sayur, es timun, cake. Hmmm yummy tummy...

Kimi

Kiyo and Dickens
Kiri : Shanti, Anis, Dicken, Andrea, Nico, Sofi, Desi, me, Kimi, Andra

With friends
Nice to have lovely friends....
Nice first week of holiday. Dua hari setelahnya, saya dan anak-anak pergi shopping (tukar barang sih haha), dan rencana main ke museum, dimana pas ada Science Festival. Sayang sekali waktu ke Museum Gallery of Scotland, untuk activity anak nya nggak disitu, jadi kita pindah ke city of art Museum, dan sayang juga kita datang udah jam 3 dan sebentar lagi mau tutup. Jadi anak-anak nggak bisa ikutan aktivitas yg ada disitu ...kita hanya bisa lihat `Wild Scotland bus` yg ada di luar City of Art.

Minggu pertama liburan berlalu, kadang Kiyo main ama temannya di taman, atau playdate dirumah temen yg hanya sebelah rumah saja. Just relax at home. play game, sleep and eat ^_^.

Minggu kedua, saya dan anak-anak ajak ke Gambado, tempat main softplay di Fountain Park. Dapat karcis murah dari Groupon. Family, 2 adult, 2 children, 10 pound dapat meal box buat anak-anak. Kalau tiket normalnya, per anak 7-9 pound tergantung umur. Gambado, ini juga bisa buat party anak-anak, mulai dari 7.95/anak tergantung paketnya.